Metode vs Metodologi Penelitian

Comments · 33 Views

Pembahasan mengenai metodologi dan metode penelitian yang dapat dijelaskan secara singkat.

Metode vs Metodologi Penelitian

 

Hallo, jumpa lagi bersama saya Apri Zogara...

 

Pada kali ini kita akan membahas sedikit tentang metode penelitian dengan metodologi penelitian. Hal ini perlu dijelaskan karena tidak sedikit pula yang paham betul tentang perbedaan keduanya. Masih ada teman-teman yang mempergunakan istilah keduanya ini dalam satu pembahasan. Ok lanjut....

Metode penelitian merupakan suatu cara atau teknik yang digunakan dalam suatu penelitian dalam rangka proses pengumpulan data, pengolahan data sampai pada tahap pengambilan kesimpulan. Salah satu contoh metode penelitian yang mungkin sering kita dengar (tentunya tidak asing bagi peneliti ya..hehehehe) yaitu metode pengambilan sampel yaitu salah satunya dengan cara accidental sampling, kemudian ada cara purposive sampling, dsb. Begitu juga dengan cara menganalisis validitas menggunakan metode pearson product moment, menggunakan formula aiken v, dsb. Nah, intinya bahwa metode penelitian ini merupakan salah satu cara yang digunakan dalam penelitian untuk melakasanakan penelitian ya. Saya kira sampai di sini, teman-teman paham tentang metode penelitian itu apa. Pasti dong paham, calon peneliti, akademisi harus paham ya kan.. hehehehe

Sedangkan metodologi penelitian merupakan kumpulan dari berbagai metode atau teknik yang digunakan dalam suatu penelitian. Misalnya, metodologi penelitian tentang pengambilan sampel terdiri dari probability sampling dan non probablity sampling. Probability sampling terdiri dari simple random sampling, proportionated stratified random sampling, disproportionated random sampling, sistematyc random sampling, multistage sampling, cluster sampling, dsb. Kalau non probability sampling terdiri dari accidental sampling, purposive sampling, quota sampling, snowball sampling. Begitu juga misalnya, metodologi yang lainnya seperti desain penelitian terdiri dari cross sectional, case control dan kohort. Nah, ini lah yang tadinya disebut sebagai metodologi penelitian.

Saya kira, penjelasan singkat saya ini dapat dimengerti oleh teman-teman ya tentang metode dan metodologi penelitian. Tentunya harus bisa dong ya...hehe. 

Ok sekian dulu penjelasannya, nantikan penjelasan-penjelasan lainnya yang berkaitan dengan dunia penelitian. Salam literasi, salam penelitian.

 

Thank You

Comments
sairman sairman 2 hours ago

good

 
 
Alfi Fidya 6 days ago

Sangat bermanfaat

 
 
Bayu Dakar 21 days ago

Why